Selamat Datang ^^





Mari Berkarya dan Menebarkan Api Pengetahuan.


Sabtu, 23 Oktober 2010

Kurikulum Matematika 2004 KBK SD

Soriiii tak bisa ikut buat ya :’(

Tapi ini aja yang bisa kusumbangkan

Moga berguna. Good luck friends ^^

KURIKULUM 2004

STANDAR KOMPETENSI

Mata Pelajaran

MATEMATIKA

SEKOLAH DASAR

dan

MADRASAH IBTIDAIYAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Jakarta, Tahun 2003

2. KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, DAN

MATERI POKOK

KELAS: I

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran matematika untuk

kelas I adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menggunakan notasi dan

simbol dalam mengungkapkan

pernyataan atau gagasan

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis, simbol, dan diagram

• Menjelaskan langkah atau memberi alasan

langkah-langkah penyelesaian soal *)

Merancang dan melakukan

proses penyelesaian masalah

dengan memilih atau

menggunakan suatu strategi

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menerjemahkannya ke dalam

model/diagram

• Memilih konsep yang relevan dari soal

untuk membentuk model matematika

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa

yang dicari; operasi dan model matematika

yang diperlukan untuk memecahkan soal)

• Menerapkan operasi penyelesaian untuk

memperoleh penyelesaian dari soal

• Mengenal prosedur pemecahan yang

benar dan tidak benar *)

Menghargai matematika

sebagai suatu yang berguna

dan bermanfaat dalam

kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap

pembelajaran standar kompetensi berikut ini.

· Kemampuan ini biasanya dapat dicapai oleh siswa dengan kemampuan tinggi

BILANGAN

Standar Kompetensi : Menggunakan bilangan dalam pemecahan masalah.

Bilangan cacah sampai dengan dua angka

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Mengenal dan

menggunakan

bilangan dalam

pemecahan

masalah

1. Menghitung

dan

mengurutkan

banyak benda

• Membilang atau

menghitung secara

urut

• Menyebutkan banyak

benda

• Membandingkan dua

kumpulan benda

melalui istilah lebih

banyak, lebih sedikit,

atau sama banyak

• Membaca dan

menulis lambang

bilangan

• Mengurutkan

sekelompok bilangan

yang berpola teratur

dari terkecil atau

terbesar

• Membilang loncat

(loncat 2, 10, atau

lainnya)

• Mengurutkan

sekelompok bilangan

dari terkecil atau

terbesar

Operasi hitung

bilangan

2. Menjumlah

dan

mengurang

bilangan

• Menyatakan masalah

sehari-hari yang

terkait penjumlahan

dan pengurangan

sampai 20

• Menerjemahkan

bentuk penjumlahan

dan pengurangan

sampai 20 ke dalam

kalimat sehari-hari

• Membaca dan

menggunakan simbol

+, -, dan = dalam

pengerjaan hitung

sampai dengan 20-

• Mengingat fakta dasar

penjumlahan dan

pengurangan sampai

dengan 20

• Menggunakan sifat

operasi hitung

pertukaran dan

pengelompokan

untuk mempermudah

perhitungan

penjumlahan

3. Menggunakan

nilai tempat

dalam

penjumlahan

dan

pengurangan

• Menuliskan bilangan

dua angka dalam

bentuk penjumlahan

puluhan dan satuan

• Menentukan nilai

tempat: puluhan dan

satuan

• Menjumlah dua

bilangan (dengan

tanpa menyimpan)

• Mengurang dua

bilangan (dengan

tanpa meminjam)

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

penjumlahan dan

pengurangan

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, mengenal bangun datar

dan bangun ruang, serta menggunakannya dalam

pemecahan masalah sehari-hari

Waktu, panjang, dan berat

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah seharihari

1. Mengenal

satuan waktu

• Mengenal konsep

waktu melalui

kegiatan sehari-hari

yang sebentar atau

yang lama

• Memberi contoh

kegiatan sehari-hari

yang sebentar atau

yang lama

• Mengingat

pengurutan namanama

hari dan bulan

• Membaca tanda

waktu yang

ditunjukkan oleh

jarum jam analog

(jam dinding)

Satuan

pengukuran

2. Membandingkan

pengukuran

panjang

• Mengenal panjang

suatu benda melalui

kalimat sehari-hari

(pendek, panjang)

• Memberi contoh

benda yang panjang

dan pendek

• Mengenal jarak yang

dekat, dan jauh

• Mengukur panjang

benda dengan satuan

tak baku

• Menunjukkan

perbedaan hasil-hasil

pengukuran panjang

dengan satuan tak baku

3. Membandingkan

pengukuran

berat

• Mengenal berat benda

melalui kalimat

sehari-hari (ringan,

berat)

• Memberi contoh

benda yang ringan

dan berat

• Mengukur berat

benda dengan satuan

tak baku

• Menunjukkan

perbedaan hasil-hasil

pengukuran berat

dengan satuan tak

baku

• Mengukur dan

membandingkan

berat benda-benda

secara langsung

• Mengukur dan

membandingkan

berat benda dengan

satuan tak baku yang

sama

Geometri

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Mengenal

bangun datar

dan bangun

ruang

1. Mengelompokkan

berbagai

bangun ruang

sederhana

• Menyebutkan bendabenda

yang secara

geometris berbentuk

bola, tabung, balok

atau kubus

• Mengelompokkan

benda-benda menurut

bentuk, permukaan,

atau ciri lainnya

Bangun ruang

dan bangun

datar

2. Menyelidiki

berbagai

bangun datar

sederhana

• Menyebutkan bendabenda

yang secara

geometris berbentuk

segitiga, segi empat

ditinjau dari banyak

sisinya

• Menjiplak atau

membuat berbagai

bentuk segitiga dan

segi empat

• Mengelompokkan

berbagai bentuk

segitiga dan segi

empat menurut

bentuk, permukaan,

atau ciri lainnya

KELAS: II

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk

kelas II adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menggunakan notasi dan

simbol dalam mengungkapkan

pernyataan atau gagasan

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis dan simbol, dan diagram

• Menjelaskan langkah atau memberi alasan

terhadap penyelesaian soal *)

• Menggunakan cara induktif dalam

mengenal atau memprediksi suatu pola

Merancang dan melakukan

proses penyelesaian masalah

dengan memilih atau

menggunakan suatu strategi

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menterjemahkannya ke dalam

model/diagram

• Memilih konsep yang relevan dari soal

untuk membentuk model matematika

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui;

apa yang dicari; operasi dan model

matematika yang diperlukan untuk

memecahkan soal)

• Menerapkan operasi penyelesaian untuk

memperoleh penyelesaian dari soal

• Mengenal prosedur pemecahan yang

benar dan tidak benar *)

Menghargai matematika

sebagai suatu yang berguna

dan bermanfaat dalam

kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap

pembelajaran standar kompetensi berikut ini.

BILANGAN

Standar Kompetensi : Menggunakan operasi hitung bilangan dalam

pemecahan masalah.

Bilangan cacah sampai dengan tiga angka

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Memahami

konsep urutan

bilangan cacah

1. Membilang

bilangan

• Membilang secara

urut

• Menyebutkan banyak

benda

• Membilang loncat

• Membaca dan

menulis lambang

bilangan dalam katakata

dan angka

Urutan bilangan

2. Membandingkan

bilangan

• Menentukan bahwa

kumpulan benda

lebih banyak, lebih

sedikit, atau sama

dengan kumpulan

lain

• Menentukan suatu

bilangan lebih besar,

lebih kecil, atau sama

besar dengan

bilangan lain

3. Mengurutkan

bilangan

• Menyusun bilanganbilangan

dari terkecil

ke terbesar atau

sebaliknya

• Membedakan

bilangan genap dan

ganjil berdasarkan

urutan

Melakukan

operasi hitung

bilangan dan

menggunakannya

dalam

1. Melakukan

penjumlahan

dan

pengurangan

bilangan

• Menentukan nilai

tempat sampai

ratusan

• Membaca dan

menggunakan simbol

+, -, dan = dalam

pengerjaan hitung

• Mengingat fakta dasar

penjumlahan dan

pengurangan sampai 20

• Mengubah kalimat

atau bentuk

pengurangan ke

bentuk penjumlahan

• Menuliskan bilangan

dua angka dalam

bentuk panjang

• Menjumlah dua

bilangan dengan cara

menyiapkan dan

tanpa menyimpan

• Mengurang dua

bilangan dengan cara

meminjam dan tanpa

meminjam

• Melakukan dan

menghitung operasi

campuran menjumlah

dan mengurang *)

• Memecahkan soal

cerita yang mengandung

penjumlahan,

pengurangan

Operasi hitung

bilangan

2. Melakukan

perkalian dan

pembagian

bilangan

• Mengenal arti

perkalian sebagai

penjumlahan berulang.

• Mengingat fakta

perkalian sampai 5 x

10 dengan berbagai

cara

• Mengenal arti

pembagian

• Mengubah bentuk

perkalian menjadi

bentuk pembagian,

dan sebaliknya

• Mengingat fakta

pembagian sampai 50

dengan berbagai cara

• Menghitung secara

cepat perkalian dan

pembagian oleh

bilangan dua sampai

50

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

penjumlahan dan

pengurangan,

perkalian dan

pembagian

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan unsur bangun

datar dan menggunakannya dalam pemecahan

masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakan

dalam

pemecahan

masalah

1. Menggunakan

alat ukur

waktu

• Membaca dan

menentukan tanda

waktu yang

ditunjukkan jarum

jam

• Menuliskan tanda

waktu yang

ditunjukkan jarum

jam

• Menyatakan lama

waktu kegiatan dalam

satuan jam

Satuan

pengukuran

(lanjutan)

2. Mengukur

dan

menggunakan

alat ukur

panjang

• Menentukan benda

yang lebih panjang,

lebih pendek, atau

sama panjang dengan

benda yang lain

• Mengukur panjang

benda dengan satuan

baku yang sering

digunakan (misal:

cm, m)

• Menaksir panjang

benda dengan satuan

yang sesuai

• Memilih alat ukur

yang sesuai untuk

mengukur panjang

benda yang diukur

3. Mengukur

dan

menggunakan

alat ukur

berat

• Menentukan benda

yang lebih berat,

lebih ringan, atau

sama berat dengan

benda yang lain

• Mengukur berat

benda dengan satuan

baku yang sering

digunakan (misal:

ons, kg)

• Menaksir berat benda

dengan satuan yang

sesuai

• Memilih alat ukur

yang sesuai untuk

mengukur berat

benda yang diukur *)

Mengenal unsur

bangun datar

dan

menggunakan

nya dalam

pemecahan

masalah seharihari

1. Mengelompokkan

bangun datar

• Mengelompokkan

bangun-bangun datar

menurut bentuknya

• Mengurutkan

bangun-bangun

datar menurut

ukurannya

• Menentukan pola

dari serangkaian

atau barisan bangun

datar

Unsur dan sifat

bangun datar

2. Mengenal dan

menyelidiki

unsur-unsur

bangun datar

• Menentukan unsurunsur

bangun datar,

yaitu titik sudut, garis

sisi

• Menggambar dan

membuat bangun

segitiga, segi empat,

persegi dan persegi

panjang dengan

ukuran tertentu

KELAS: III

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk

kelas III adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menggunakan notasi dan

simbol dalam mengungkapkan

pernyataan atau gagasan

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis, simbol, dan diagram

• Menjelaskan langkah atau memberi alasan

hasil penyelesaian soal *)

• Menggunakan cara induktif dalam

mengenal atau memprediksi suatu pola,

atau pola dari operasi hitung lainnya.

Memahami, memilih strategi

untuk membentuk model

matematika, menyelesaikan

model matematika, dari soal

cerita

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menerjemahkannya ke dalam

model/diagram

• Memilih konsep yang cocok dari soal

untuk membentuk model matematika

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui;

apa yang dicari; operasi dan model

matematika yang diperlukan untuk

memecahkan soal)

• Menerapkan operasi penyelesaian untuk

memperoleh solusi dari soal

• Mengenal prosedur pemecahan yang

benar dan tidak benar *)

• Memecahkan soal kontekstual dengan

berbagai cara

• Memberi alasan yang logis terhadap

penyelesaian suatu masalah

Menghargai matematika

sebagai suatu yang berguna

dan bermanfaat dalam

kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap

pembelajaran standar kompetensi berikut ini.

BILANGAN

Standar Kompetensi : Menggunakan konsep bilangan cacah dan pecahan

dalam pemecahan masalah.

Bilangan sampai empat angka

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Mengenal dan

menggunakan

konsep bilangan

cacah dalam

pemecahan

1. Mengurutkan

dan

menentukan

letak bilangan

pada garis

bilangan

• Membilang secara

urut

• Mengurutkan, dan

membandingkan

antar bilangan,

termasuk dengan

simbol <, >, dan =

• Menentukan sebuah

bilangan yang terletak

di antara dua

bilangan

• Mengurutkan

bilangan dan

menentukan

posisinya pada garis

bilangan

• Menaksir bilangan

yang ditentukan

letaknya pada garis

bilangan

• Menentukan pola

pada barisan bilangan

atau barisan dari

bentuk geometri

Operasi hitung

bilangan

2. Melakukan

operasi hitung

penjumlahan,

dan

pengurangan

• Menuliskan bilangan

secara panjang

(ribuan, ratusan,

puluhan, dan satuan)

• Menentukan nilai

tempat sampai

dengan ribuan

• Melakukan operasi

penjumlahan tanpa

menyimpan dan

dengan menyimpan

• Melakukan operasi

pengurangan tanpa

meminjam dan

dengan meminjam

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

penjumlahan dan

pengurangan

3. Melakukan

operasi hitung

perkalian, dan

pembagian

• Mengingat perkalian

dan pembagian

sampai 100

• Mengubah bentuk

perkalian menjadi

bentuk pembagian,

atau sebaliknya.

• Membuat tabel

perkalian dan

pembagian sampai 10

x 10

• Menggunakan sifat

operasi hitung

(pertukaran dan

pengelompokan)

untuk

mempermudah

perhitungan

perkalian/pembagian

• Menghitung

perkalian dan

pembagian oleh 2 dan

10 secara cepat

• Membedakan

bilangan ganjil dan

genap berdasarkan

habis atau tidaknya

apabila dibagi dua

• Memecahkan

masalah sehari-hari

yang melibatkan

penjumlahan,

pengurangan,

perkalian, dan

pembagian

4. Memecahkan

masalah yang

melibatkan

uang

• Mengenal berbagai

nilai mata uang

rupiah

• Menentukan

kesetaraan nilai uang

dengan berbagai

satuan uang lainnya

• Menaksir jumlah

harga dari

sekelompok barang

yang biasa dibeli atau

dijual sehari-hari

Memahami

pecahan dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Mengenal

pecahan

• Mengenal pecahan

sederhana (misal:

setengah, seperempat,

sepertiga, seperenam)

• Membaca dan

menulis lambang

pecahan

• Menyajikan nilai

pecahan dengan

menggunakan

berbagai bentuk

gambar, dan

sebaliknya

• Membilang dan

menuliskan pecahan

dalam kata-kata dan

dalam lambang

Konsep pecahan

2. Menggunakan

pecahan

• Membandingkan dua

pecahan

• Memecahkan masalah

yang melibatkan nilai

pecahan

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran keliling dan luas banguin

datar dan menggunakannya dalam pemecahan

masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Menggunakan

dan memilih

alat ukur

sesuai sesuai

dengan

fungsinya

(meteran,

neraca, atau

pengukur

waktu)

• Memilih alat ukur

yang sesuai dengan

benda yang diukur

• Menaksir panjang

dan berat benda atau

lama kegiatan

sehari-hari dan

memeriksa hasil

taksirannya dengan

alat ukur

• Membaca tanda

waktu jam, setengah

jam, sampai

seperempat jam pada

jarum jam

• Membaca tanda

waktu dalam bentuk

angka atau digital (12

jam), misalnya, pukul

12.30

• Membaca tanda

waktu sampai 5 menit

pada jarum jam

Pengukuran

2. Menentukan

hubungan

antar satuan

• Menentukan

hubungan antar

satuan:

- Waktu: menit, jam,

hari, minggu,

bulan, dan tahun

- Panjang: km, m,

dm, cm

- Berat: kg, ons,

gram

• Menggunakan satuan

dalam pemecahan

masalah sehari-hari

Mengenal

konsep keliling

dan luas bangun

datar sederhana

2. Menyelidiki

dan

menentukan

berbagai besar

sudut

• Menentukan sudut

dari benda atau

bangun

• Menjelaskan sudut

sebagai daerah yang

dibatasi oleh dua

sinar (atau garis yang

berpotongan)

• Mengurutkan besar

sudut menurut

ukuran

• Mengenal dan

membuat jenis-jenis

sudut: lancip, sikusiku,

dan tumpul

• Mengenal sudut

sebagai jarak putar

• Membuat sudut satu,

setengah, dan

seperempat putaran

3. Menentukan

keliling dan

luas bangun

datar

• Menghitung keliling

bangun datar: segitiga

dan persegi panjang

(dengan melibatkan

satuan baku)

• Menggambar dan

membuat bangun

datar dengan keliling

tertentu

• Menjelaskan luas

sebagai daerah dari

bidang datar (baik

yang teratur maupun

yang tidak teratur)

• Membandingkan dan

mengurutkan luas

berbagai bangun

datar

• Menaksir luas daerah

beberapa bangun

datar lainnya dengan

menghitung petak

satuan

• Menemukan cara

menghitung keliling

dan luas persegi

panjang, serta

menggunakannya

dalam pemecahan

masalah *)

KELAS: IV

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran untuk kelas IV

adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menggunakan notasi atau

simbol, serta menjelaskan

gagasan atau pernyataan

matematika (termasuk peran

definisi)

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis dan simbol, dan diagram

• Menjelaskan langkah atau memberi alasan

hasil penyelesaian soal

• Menggunakan cara induktif dalam

mengenal atau memprediksi suatu pola,

atau pola dari operasi hitung lainnya

• Memberi contoh dan bukan contoh suatu

konsep sesuai dengan definisi yang diberikan

Memahami, memilih strategi

untuk membentuk model

matematika, menyelesaikan

model matematika, dari soal

cerita

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menerjemahkan ke dalam

model atau diagram

• Memilih konsep yang relevan dari soal

untuk membentuk model matematika

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui;

apa yang dicari; operasi dan model

matematika yang diperlukan untuk

memecahkan soal)

• Menerapkan operasi penyelesaian untuk

memperoleh solusi dari soal

• Menyelidiki prosedur pemecahan masalah

yang benar dan tidak benar *)

• Memecahkan soal kontekstual dengan

berbagai cara

• Memberi alasan yang masuk akal dalam

penyelesaian masalah

• Menanfsirkan hasil pemecahan atau solusi

dari soal cerita

Menghargai matematika sebagai

suatu yang berguna dan

bermanfaat dalam kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap

pembelajaran standar kompetensi berikut ini.

BILANGAN

Standar Kompetensi : Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor,

kelipatan bilangan bulat dan pecahan serta

menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan dan

menggunakan

sifat-sifat operasi

hitung bilangan

dalam

pemecahan

masalah

1. Membandingkan

dan

mengurutkan

bilangan

• Mengurutkan dan

menyusun bilangan

dari terkecil atau

terbesar

• Menentukan nilai

tempat bilangan

sampai dengan ratus

ribuan

• Membandingkan dua

bilangan melalui

pemecahan masalah

yang melibatkan nilai

tempat

Operasi hitung

bilangan

2. Melakukan

operasi

perkalian dan

pembagian

• Menghafal perkalian

dan pembagian

sampai 100

• Melakukan perkalian

dengan cara susun

• Melakukan

pembagian tanpa sisa

dengan cara susun

• Menentukan hasil

bagi dan sisa suatu

pembagian

3. Melakukan

operasi hitung

campuran

• Melakukan operasi

penjumlahan, pengurangan,

perkalian,

pembagian (termasuk

yang bersisa)

• Menggunakan sifatsifat

operasi hitung

untuk melakukan

perhitungan (mental)

secara efisien

• Menentukan aturan

operasi hitung

campuran dan

menggunakannya

dalam pemecahan

soal.

4. Melakukan

penaksiran

dan

pembulatan

• Menaksir hasil

operasi hitung

• Membulatkan hasil

operasi hitung dalam

satuan, puluhan, atau

ratusan terdekat

5. Memecahkan

masalah yang

melibatkan

uang

• Menaksir jumlah

harga dari

sekumpulan barang

yang biasa atau dijual

sehari-hari

• Menuliskan cara

penulisan nilai uang

rupiah

Menggunakan

faktor dan

kelipatan dalam

pemecahan

masalah

1. Mengenal

kelipatan dan

faktor

bilangan

• Menentukan

kelipatan suatu

bilangan

• Menentukan kelipatan

persekutuan dua

bilangan

• Menentukan faktor

suatu bilangan

• Menentukan faktor

persekutuan dua

bilangan

• Mengenal bilangan

prima menurut

sifatnya

• Memberi contoh

bilangan prima dan

bukan bilangan

prima

Kelipatan dan

faktor

2. Menyelesaikan

masalah

kelipatan

persekutuan

terkecil (KPK)

dan faktor

persekutuan

terbesar (FPB)

• Menentukan FPB dan

KPK dari dua

bilangan

• Menggunakan FPB

atau KPK dalam

perhitungan pecahan

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

berkaitan dengan FPB

dan KPK

Mengenal

bilangan bulat

dan Romawi

serta

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah seharihari

1. Mengenal

lambang

bilangan

Romawi dari

bilangan asli

• Menentukan cara

menuliskan bilangan

asli ke dalam angka

romawi

• Menggunakan

pemakaian bilangan

Romawi dalam

kehidupan sehari-hari

Bilangan bulat

dan Romawi

2. Mengurutkan

dan membandingkan

bilangan bulat

• Menunjukkan

penerapan bilangan

negatif dalam

masalah sehari-hari

(misal temperatur,

ketinggian, dan

sebagainya)

• Membilang dan

menulis bilangan

bulat dalam kata-kata

dan angka

• Memberi contoh

bilangan bulat negatif

dan positif

• Mengurutkan

sekelompok bilangan

bulat dari terkecil

atau terbesar

• Menentukan letak

bilangan bulat pada

garis bilangan bulat

• Membandingkan dua

bilangan bulat

• Menentukan lawan

suatu bilangan

3. Melakukan

penjumlahan

dan

pengurangan

bilangan bulat

• Melakukan operasi

hitung penjumlahan

dan pengurangan

bilangan bulat dengan

menggunakan garis

bilangan

• Menuliskan kalimat

atau pernyataan

pengurangan ke

bentuk

penjumlahan, dan

sebaliknya

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

perhitungan bilangan

bulat.

Operasi hitung

bilangan bulat

Mengenal dan

menggunakan

pecahan dalam

pemecahan

masalah

1. Menjelaskan

arti pecahan

dan urutannya

• Menyatakan beberapa

bagian dari

keseluruhan ke bentuk

pecahan

• Menyajikan nilai

pecahan melalui gambar

• Menuliskan letak

pecahan pada garis

bilangan

• Membandingkan

pecahan berpenyebut

sama

• Mengurutkan pecahan

berpenyebut sama

Pecahan dan

operasinya

2. Menyederhanakan

dan

mengenal

berbagaibentuk

pecahan

• Menentukan

pecahan-pecahan

yang senilai dari

suatu pecahan

• Menyederhanakan

pecahan

• Menyatakan pecahan

sebagai pembagian

• Menentukan nilai

tempat pada pecahan

desimal

• Mengubah pecahan

biasa ke bentuk

desimal

3. Menjumlah

dan

mengurang

pecahan

• Melakukan operasi

hitung penjumlahan

dan pengurangan

pecahan berpenyebut

sama dengan hasil

positif dan nilainya

paling besar 1

• Melakukan operasi

penjumlahan dan

pengurangan pecahan

desimal dengan hasil

positif dan nilainya

paling besar 1

• Membulatkan

pecahan desimal ke

satuan terdekat dan

sampai 1 tempat

desimal

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

penjumlahan dan

pengurangan pecahan

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan

unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian

bangun datar serta menggunakannya dalam

pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Mengenal dan

menentukan

besar sudut

• Membandingkan

besar dua sudut

• Mengukur besar

sudut dengan satuan

tak baku dan satuan

derajat

• Mengidentifikasi

sudut siku-siku dari

bangun datar dan

benda-benda di

sekitar

• Mengenal sudut sikusiku

dengan

menggunakan 4 arah

mata angin

• Menentukan besar

sudut satu putaran,

setengah putaran, dan

seperempat putaran

dalam satuan derajat

Pengukuran

(lanjutan)

2. Menentukan

kesetaraan

antar satuan

• Menentukan

kesetaraan antar

satuan:

- Panjang: km, hm,

dam, m, dm, cm,

mm

- Berat: ton, kw, kg,

hag, dag, gr

- Waktu: abad,

windu, tahun,

bulan, minggu, hari,

jam, menit, detik

- Kuantitas: lusin,

kodi, gros, dan rim

• Menggunakan

kesetaraan satuan

dalam perhitungan

atau pemecahan soal

3. Menggunakan

konsep

keliling dan

luas

• Mengenal dan

menemukan rumus

keliling dan luas

persegi panjang

• Menemukan rumus

dan menghitung

keliling dan luas

segitiga.

• Memecahkan soal

tentang keliling dan

luas persegi panjang

dan segitiga.

Menentukan

sifat dan unsur

bangun ruang,

menentukan

kesimetrian

bangun datar

serta

menggunakannya

dalam

pemecahan soal

1. Mengidentifikasi

sifat-sifat

bangun ruang

sederhana

• Menyebutkan sifatsifat

bangun ruang:

balok dan kubus

• Menyebutkan dan

menggambar bangun

sesuai sifat-sifat

bangun ruang yang

diberikan

• Menggambar dan

membuat berbagai

jaring-jaring kubus

dan balok

Sifat dan unsur

bangun ruang

dan simetri

2. Menunjukkan

benda-benda

dan bangun

datar yang

simetris

• Mengelompokkan

dan memberi contoh

bangun datar yang

simetris dan tidak

simetris

• Mengidentifikasi ciri

bangun datar yang

simetris

• Membuat bangunbangun

datar yang

simetris

• Mengenal bangun

datar yang tidak

memiliki simetri

• Mengidentifikasi dan

menggunakan garis

simetri pada bangun

datar sederhana

• Menunjukkan dan

menggambar bangun

datar (benda-benda)

yang simetris

• Menentukan sumbu

simetri suatu bangun

datar

• Menggambar

cerminan dari bangun

datar sederhana

KELAS: V

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran untuk kelas V

adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menjelaskan gagasan atau

pernyataan matematika

(termasuk peran definisi)

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis, dan diagram

• Menggunakan cara induktif dalam

mengenal atau memprediksi suatu pola

• Memberi contoh dan bukan contoh suatu

konsep sesuai dengan definisi yang

diberikan

• Menentukan suatu konsep sesuai dengan

sifat-sifat yang dimiliki

Memecahkan dan menafsirkan

masalah soal cerita

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menerjemahkan ke dalam

model atau diagram

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui;

apa yang dicari; pengetahuan atau model

matematika yang diperlukan untuk

memecahkan soal)

• Mengenal dan memberi alasan pada tiap

prosedur pemecahan masalah

• Memecahkan soal cerita dengan berbagai

cara

• Menafsirkan hasil dari pemecahan soal

cerita

Menghargai matematika

sebagai suatu yang berguna

dan bermanfaat dalam

kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap

pembelajaran standar kompetensi berikut ini.

BILANGAN

Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan

pecahan, serta menggunakannya dalam pemecahan

masalah.

Bilangan bulat

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

operasi hitung

bilangan bulat

dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Melakukan

dan

menggunakan

operasi hitung

bilangan

caca

• Menggunakan sifat

komutatif

(pertukaran),

asosiatif

(pengelompokan),

dan distributif

(penyebaran) untuk

melakukan

perhitungan secara

efisien

• Membulatkan

bilangan bilangan

dalam, puluhan, dan

ratusan terdekat

• Menaksir hasil

operasi hitung dua

bilangan

• Menggunakan faktor

prima dan faktorisasi

untuk memecahkan

masalah sehari-hari

yang berkaitan

dengan FPB dan KPK

Operasi hitung

dengan bilangan

bulat

2. Melakukan

operasi hitung

campuran

bilangan bulat

• Membaca dan

menulis bilangan

bulat dalam kata-kata

dan angka

• Melakukan operasi

penjumlahan dan

pengurangan

bilangan bulat

• Melakukan operasi

perkalian dan

pembagian bilangan

bulat positif

• Melakukan operasi

hitung campuran

dengan bilangan bulat

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan bilangan

bulat

3. Menghitung

perpangkatan

dan akar

• Menuliskan

perpangkatan dua

sebagai perkalian

berulang

• Melakukan operasi

hitung yang

melibatkan bilangan

berpangkat dua

• Melakukan penarikan

akar pangkat dua dari

bilangan kuadrat

• Membandingkan akar

pangkat dua suatu

bilangan dengan

bilangan lain *)

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan akar

pangkat dua dan

bilangan berpangkat

dua

Pecahan

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Menggunakan

konsep pecahan

dalam

pemecahan

masalah

1. Melakukan

penjumlahan

dan

pengurangan

pecahan

• Menentukan

persentase sederhana

dari kuantitas atau

banyak benda

tertentu

• Menyatakan pecahan

dalam persen

• Membandingkan dua

pecahan (termasuk

yang tak sejenis) serta

letaknya pada garis

bilangan

• Melakukan operasi

penjumlahan dan

pengurangan berbagai

bentuk pecahan

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan

penjumlahan dan

pengurangan pecahan

Operasi hitung

pecahan

2. Melakukan

perkalian dan

pembagian

pecahan

• Mengenal arti

perkalian pecahan

• Melakukan operasi

perkalian berbagai

bentuk pecahan

• Mengenal arti

pembagian pecahan

• Melakukan operasi

pembagian berbagai

bentuk pecahan

• Memecahkan masalah

sehari-hari yang

melibatkan pecahan

3. Menggunakan

pecahan

dalam

masalah

perbandingan

dan skala

• Menjelaskan arti

perbandingan

• Melakukan operasi

hitung dengan

menggunakan

perbandingan dan

skala

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan unsur dan

sifat bangun ruang, dan menggunakannya dalam

pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Menuliskan

tanda waktu

• Menentukan tanda

waktu dengan notasi

12 jam (melibatkan

keterangan pagi,

sore, atau malam)

• Menentukan tanda

waktu dengan notasi

24 jam

• Melakukan operasi

hitung yang

melibatkan satuan

waktu

Pengukuran

(waktu, sudut,

luas, volume dan

satuannya)

2. Melakukan

pengukuran

sudut

• Menentukan dan

menaksir besar suatu

sudut

• Menggambar dan

mengukur besar

sudut dengan alat

(misalnya busur

derajat)

3. Memahami

satuan dengan

dimensi lebih

dari satu

• Menjelaskan arti

satuan luas, volume,

kecepatan, dan debit

(kecepatan jumlah

aliran cairan)

• Menentukan dan

menggunakan

hubungan antar

satuan luas, volume,

kecepatan, dan debit,

dalam perhitungan

atau pemecahan

masalah

4. Menyelidiki

dan

menentukan

volume

bangun ruang

sederhana

• Membandingkan dan

mengurutkan bangun

ruang menurut

volumenya

• Menentukan volume

kubus dan balok

dengan menggunakan

kubus satuan

5. Menurunkan

dan

menentukan

luas bangun

datar dan

volume

bangun ruang

sederhana

• Menemukan rumus

luas bangun datar:

trapesium, jajar

genjang, belah

ketupat, layang-layang

• Menentukan luas

bangun datar dengan

memanfaatkan rumus

luas segitiga

• Menentukan rasio

keliling dan diameter

lingkaran

• Menemukan dan

menggunakan rumus

keliling lingkaran

dalam perhitungan

• Menemukan secara

praktis rumus luas

lingkaran

• Menemukan rumus

volume tabung dan

prisma tegak

• Mengenal dan

menggunakan volume

limas dan kerucut *)

Menentukan

sifat-sifat

bangun, dan

hubungan antar

bangun

1. Menyelidiki

dan

menentukan

sifat-sifat

bangun datar

dan bangun

ruang

• Menyebutkan sifatsifat

bangun datar:

segitiga, persegi

panjang, persegi,

trapesium, jajar

genjang, lingkaran,

belah ketupat, layanglayang

• Menggambar bangun

datar dari sifat-sifat

bangun datar yang

diberikan

• Menyebutkan sifatsifat

bangun ruang:

tabung, prisma tegak,

limas, kerucut

• Menggambar bangun

ruang dari sifat-sifat

bangun ruang yang

diberikan

• Menggambar berbagai

bentuk jaring-jaring

kubus dan balok

Sifat-sifat

bangun dan

hubungan antar

bangun

2. Menyelidiki

sifat-sifat

kesebangunan

dan simetri

• Menunjukkan

kesebangunan antar

bangun-bangun datar

• Menentukan simetri

lipat dan simetri

putar suatu bangun

KELAS: VI

KEMAHIRAN MATEMATIKA

Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,

pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap

menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk

kelas VI adalah sebagai berikut:

Kemahiran Matematika

Indikator

Menjelaskan gagasan atau

pernyataan matematika

(termasuk peran definisi)

• Menyajikan pernyataan matematika secara

lisan, tertulis, dan diagram

• Menggunakan cara induktif dalam

mengenal atau memprediksi suatu pola

• Memberi contoh dan bukan contoh suatu

konsep sesuai dengan definisi yang

diberikan

• Menentukan suatu konsep sesuai dengan

sifat-sifat yang dimiliki

• Mengidentifikasi sifat-sifat yang dimiliki

konsep

Memecahkan dan menafsirkan

masalah soal cerita

• Menyatakan soal cerita dengan bahasa

sendiri atau menerjemahkan ke dalam

model atau diagram

• Mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan soal cerita (apa yang diketahui;

apa yang dicari; pengetahuan atau model

matematika yang diperlukan untuk

memecahkan soal)

• Mengenal dan memberi alasan pada setiap

langkah pemecahan masalah

• Memecahkan soal cerita dengan berbagai

cara

• Menafsirkan hasil dari pemecahan soal cerita

Menghargai matematika

sebagai suatu yang berguna

dan bermanfaat dalam

kehidupan

• Menunjukkan perhatian dan rasa ingin

tahu (antusias) atau minat pada pelajaran

matematika

• Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri

dalam menyelesaikan masalah

BILANGAN

Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan

pecahan, serta menggunakannya dalam pemecahan

masalah.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

operasi hitung

bilangan dalam

pemecahan

masalah

1. Menggunakan

sifat-sifat

operasi hitung

faktor

kelipatan

• Melakukan operasi

hitung campuran

bilangan bulat

• Menggunakan

faktorisasi prima

untuk menentukan

FPB dan KPK

beberapa bilangan

sampai 3 bilangan

Operasi hitung

bilangan bulat

2. Menentukan

akar pangkat

tiga suatu

bilangan

• Menentukan akar

pangkat 3 pada

bilangan kubik

• Melakukan operasi

hitung yang

melibatkan bilangan

berpangkat tiga

Melakukan

operasi hitung

bilangan yang

melibatkan

pecahan dalam

pemecahan soal

1. Melakukan

operasi hitung

yang

melibatkan

pecahan

dalam

pemecahan

masalah

• Mengubah suatu

pecahan ke bentuk

pecahan lain yang

senilai

• Menyederhanakan

pecahan

• Mengurutkan

pecahan

• Menentukan nilai

pecahan dari suatu

bilangan atau

kuantitas tertentu

(misal: berapakah 3/5

dari 10?)

Operasi hitung

pecahan

2. Melakukan

operasi hitung

campuran

yang

melibatkan

pecahan

• Menentukan hasil

dari penjumlahan,

pengurangan,

perkalian, dan

pembagian berbagai

bentuk pecahan

• Membulatkan

pecahan desimal

sampai dua angka di

belakang koma

• Memecahkan masalah

yang berkaitan

dengan perbandingan

dan pecahan

3. Memecahkan

masalah

perbandingan

dan skala

• Melakukan operasi

hitung dengan

menggunakan

perbandingan

• Memecahkan masalah

sederhana yang

melibatkan

perbandingan dan

skala

GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran untuk pemecahan masalah

Mengenal sistem koordinat pada bidang datar

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Melakukan

pengukuran dan

menggunakannya

dalam

pemecahan

masalah

1. Menggunakan

operasi hitung

melibatkan

satuan dalam

pemecahan

masalah

• Menentukan

hubungan antar

satuan: panjang,

waktu, berat, luas,

volume, kecepatan,

debit

• Melakukan operasi

hitung yang

melibatkan satuan

pengukuran

Pengukuran

2. Menghitung

keliling, luas, dan volume

suatu bangun

• Menurunkan rumus

luas berbagai bangun

datar dari luas persegi

panjang

• Menurunkan rumus

volume berbagai

bangun ruang dari

volume balok

• Menerapkan rumus

luas, volume, dan

keliling bangun

dalam pemecahan

masalah

Menggunakan

sistem koordinat

dalam

pemecahan soal

1. Membuat

denah letak

benda

• Menggambar letak

benda (atau rumah di

sekitar)

• Menentukan letak

benda atau tempat

dari denah atau peta

yang diberikan

Sistem koordinat

2. Mengenal

koordinat

letak (posisi)

sebuah benda

• Menentukan letak

titik, pada sistem

koordinat

• Menggambar bangun

datar pada bidang

koordinat

PENGELOLAAN DATA

Standar Kompetensi : Mengumpulkan, menyajikan, dan menafsirkan data.

Kompetensi

Dasar

Hasil Belajar

Indikator

Materi Pokok

Membaca

mengumpulkan,

dan menyajikan

data

1. Mengumpulkan

dan

menyajikan

data

• Membaca data yang

disajikan dalam

bentuk diagram garis,

batang, lingkaran,

meliputi nilai data

dengan ukuran

tertentu, data

terbesar, dan terkecil

• Mengumpulkan data

dengan pencatatan

langsung dan dengan

lembar isian

Penyajian data

2. Mengolah

data

• Mengurutkan data

• Menyajikan data

dalam bentuk tabel,

diagram batang,

diagram garis,

diagram lingkaran

• Menentukan rata-rata

hitung dan modus

dari suatu data

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Entri Populer

Selamat Datang

^^ Ayo berkunjung