Soriiii tak bisa ikut buat ya :’(
Tapi ini aja yang bisa kusumbangkan
Moga berguna. Good luck friends ^^
KURIKULUM 2004
STANDAR KOMPETENSI
Mata Pelajaran
MATEMATIKA
SEKOLAH DASAR
dan
MADRASAH IBTIDAIYAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Jakarta, Tahun 2003
2. KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, DAN
MATERI POKOK
KELAS: I
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran matematika untuk
kelas I adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menggunakan notasi dan simbol dalam mengungkapkan pernyataan atau gagasan
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, simbol, dan diagram • Menjelaskan langkah atau memberi alasan langkah-langkah penyelesaian soal *)
|
Merancang dan melakukan proses penyelesaian masalah dengan memilih atau menggunakan suatu strategi
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menerjemahkannya ke dalam model/diagram • Memilih konsep yang relevan dari soal untuk membentuk model matematika • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; operasi dan model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh penyelesaian dari soal • Mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar *) |
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap
pembelajaran standar kompetensi berikut ini.
· Kemampuan ini biasanya dapat dicapai oleh siswa dengan kemampuan tinggi
BILANGAN
Standar Kompetensi : Menggunakan bilangan dalam pemecahan masalah.
Bilangan cacah sampai dengan dua angka
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Mengenal dan menggunakan bilangan dalam pemecahan masalah
| 1. Menghitung dan mengurutkan banyak benda
| • Membilang atau menghitung secara urut • Menyebutkan banyak benda • Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak • Membaca dan menulis lambang bilangan • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar • Membilang loncat (loncat 2, 10, atau lainnya) • Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
| Operasi hitung bilangan
|
| 2. Menjumlah dan mengurang bilangan
| • Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan sampai 20 • Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari • Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung sampai dengan 20- • Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 • Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
|
|
| 3. Menggunakan nilai tempat dalam penjumlahan dan pengurangan
| • Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan • Menentukan nilai tempat: puluhan dan satuan • Menjumlah dua bilangan (dengan tanpa menyimpan) • Mengurang dua bilangan (dengan tanpa meminjam) • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, mengenal bangun datar
dan bangun ruang, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah sehari-hari
Waktu, panjang, dan berat
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah seharihari
| 1. Mengenal satuan waktu
| • Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar atau yang lama • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang sebentar atau yang lama • Mengingat pengurutan namanama hari dan bulan • Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (jam dinding)
| Satuan pengukuran
|
| 2. Membandingkan pengukuran panjang
| • Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) • Memberi contoh benda yang panjang dan pendek • Mengenal jarak yang dekat, dan jauh • Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku • Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku
|
|
| 3. Membandingkan pengukuran berat
| • Mengenal berat benda melalui kalimat sehari-hari (ringan, berat) • Memberi contoh benda yang ringan dan berat • Mengukur berat benda dengan satuan tak baku • Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku • Mengukur dan membandingkan berat benda-benda secara langsung • Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku yang sama
|
|
Geometri
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Mengenal bangun datar dan bangun ruang
| 1. Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana
| • Menyebutkan bendabenda yang secara geometris berbentuk bola, tabung, balok atau kubus • Mengelompokkan benda-benda menurut bentuk, permukaan, atau ciri lainnya
| Bangun ruang dan bangun datar
|
| 2. Menyelidiki berbagai bangun datar sederhana
| • Menyebutkan bendabenda yang secara geometris berbentuk segitiga, segi empat ditinjau dari banyak sisinya • Menjiplak atau membuat berbagai bentuk segitiga dan segi empat • Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga dan segi empat menurut bentuk, permukaan, atau ciri lainnya
|
|
KELAS: II
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk
kelas II adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menggunakan notasi dan simbol dalam mengungkapkan pernyataan atau gagasan
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis dan simbol, dan diagram • Menjelaskan langkah atau memberi alasan terhadap penyelesaian soal *) • Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola
|
Merancang dan melakukan proses penyelesaian masalah dengan memilih atau menggunakan suatu strategi
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menterjemahkannya ke dalam model/diagram • Memilih konsep yang relevan dari soal untuk membentuk model matematika • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; operasi dan model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh penyelesaian dari soal • Mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar *)
|
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap
pembelajaran standar kompetensi berikut ini.
BILANGAN
Standar Kompetensi : Menggunakan operasi hitung bilangan dalam
pemecahan masalah.
Bilangan cacah sampai dengan tiga angka
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Memahami konsep urutan bilangan cacah
| 1. Membilang bilangan
| • Membilang secara urut • Menyebutkan banyak benda • Membilang loncat • Membaca dan menulis lambang bilangan dalam katakata dan angka
| Urutan bilangan
|
| 2. Membandingkan bilangan
| • Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit, atau sama dengan kumpulan lain • Menentukan suatu bilangan lebih besar, lebih kecil, atau sama besar dengan bilangan lain
|
|
| 3. Mengurutkan bilangan
| • Menyusun bilanganbilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya • Membedakan bilangan genap dan ganjil berdasarkan urutan
|
|
Melakukan operasi hitung bilangan dan menggunakannya dalam
| 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
| • Menentukan nilai tempat sampai ratusan • Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung • Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20 • Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan • Menuliskan bilangan dua angka dalam bentuk panjang • Menjumlah dua bilangan dengan cara menyiapkan dan tanpa menyimpan • Mengurang dua bilangan dengan cara meminjam dan tanpa meminjam • Melakukan dan menghitung operasi campuran menjumlah dan mengurang *) • Memecahkan soal cerita yang mengandung penjumlahan, pengurangan
| Operasi hitung bilangan
|
| 2. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
| • Mengenal arti perkalian sebagai penjumlahan berulang. • Mengingat fakta perkalian sampai 5 x 10 dengan berbagai cara • Mengenal arti pembagian • Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian, dan sebaliknya • Mengingat fakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara • Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian oleh bilangan dua sampai 50 • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan unsur bangun
datar dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakan dalam pemecahan masalah
| 1. Menggunakan alat ukur waktu
| • Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam • Menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam • Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
| Satuan pengukuran (lanjutan)
|
| 2. Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
| • Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda yang lain • Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m) • Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai • Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur
|
|
| 3. Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
| • Menentukan benda yang lebih berat, lebih ringan, atau sama berat dengan benda yang lain • Mengukur berat benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: ons, kg) • Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai • Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur berat benda yang diukur *)
|
|
Mengenal unsur bangun datar dan menggunakan nya dalam pemecahan masalah seharihari
| 1. Mengelompokkan bangun datar
| • Mengelompokkan bangun-bangun datar menurut bentuknya • Mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya • Menentukan pola dari serangkaian atau barisan bangun datar
| Unsur dan sifat bangun datar
|
| 2. Mengenal dan menyelidiki unsur-unsur bangun datar
| • Menentukan unsurunsur bangun datar, yaitu titik sudut, garis sisi • Menggambar dan membuat bangun segitiga, segi empat, persegi dan persegi panjang dengan ukuran tertentu
|
|
KELAS: III
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk
kelas III adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menggunakan notasi dan simbol dalam mengungkapkan pernyataan atau gagasan
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, simbol, dan diagram • Menjelaskan langkah atau memberi alasan hasil penyelesaian soal *) • Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola, atau pola dari operasi hitung lainnya.
|
Memahami, memilih strategi untuk membentuk model matematika, menyelesaikan model matematika, dari soal cerita
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menerjemahkannya ke dalam model/diagram • Memilih konsep yang cocok dari soal untuk membentuk model matematika • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; operasi dan model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh solusi dari soal • Mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar *) • Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara • Memberi alasan yang logis terhadap penyelesaian suatu masalah
|
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap
pembelajaran standar kompetensi berikut ini.
BILANGAN
Standar Kompetensi : Menggunakan konsep bilangan cacah dan pecahan
dalam pemecahan masalah.
Bilangan sampai empat angka
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Mengenal dan menggunakan konsep bilangan cacah dalam pemecahan
| 1. Mengurutkan dan menentukan letak bilangan pada garis bilangan
| • Membilang secara urut • Mengurutkan, dan membandingkan antar bilangan, termasuk dengan simbol <, >, dan = • Menentukan sebuah bilangan yang terletak di antara dua bilangan • Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan • Menaksir bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan • Menentukan pola pada barisan bilangan atau barisan dari bentuk geometri
| Operasi hitung bilangan
|
| 2. Melakukan operasi hitung penjumlahan, dan pengurangan
| • Menuliskan bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) • Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan • Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan dan dengan menyimpan • Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam dan dengan meminjam • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
|
|
| 3. Melakukan operasi hitung perkalian, dan pembagian
| • Mengingat perkalian dan pembagian sampai 100 • Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian, atau sebaliknya. • Membuat tabel perkalian dan pembagian sampai 10 x 10 • Menggunakan sifat operasi hitung (pertukaran dan pengelompokan) untuk mempermudah perhitungan perkalian/pembagian • Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat • Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan habis atau tidaknya apabila dibagi dua • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
|
|
| 4. Memecahkan masalah yang melibatkan uang
| • Mengenal berbagai nilai mata uang rupiah • Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya • Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang biasa dibeli atau dijual sehari-hari
|
|
Memahami pecahan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Mengenal pecahan
| • Mengenal pecahan sederhana (misal: setengah, seperempat, sepertiga, seperenam) • Membaca dan menulis lambang pecahan • Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar, dan sebaliknya • Membilang dan menuliskan pecahan dalam kata-kata dan dalam lambang
| Konsep pecahan
|
| 2. Menggunakan pecahan
| • Membandingkan dua pecahan • Memecahkan masalah yang melibatkan nilai pecahan
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran keliling dan luas banguin
datar dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Menggunakan dan memilih alat ukur sesuai sesuai dengan fungsinya (meteran, neraca, atau pengukur waktu)
| • Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur • Menaksir panjang dan berat benda atau lama kegiatan sehari-hari dan memeriksa hasil taksirannya dengan alat ukur • Membaca tanda waktu jam, setengah jam, sampai seperempat jam pada jarum jam • Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital (12 jam), misalnya, pukul 12.30 • Membaca tanda waktu sampai 5 menit pada jarum jam
| Pengukuran
|
| 2. Menentukan hubungan antar satuan
| • Menentukan hubungan antar satuan: - Waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun - Panjang: km, m, dm, cm - Berat: kg, ons, gram • Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
|
Mengenal konsep keliling dan luas bangun datar sederhana
| 2. Menyelidiki dan menentukan berbagai besar sudut
| • Menentukan sudut dari benda atau bangun • Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua sinar (atau garis yang berpotongan) • Mengurutkan besar sudut menurut ukuran • Mengenal dan membuat jenis-jenis sudut: lancip, sikusiku, dan tumpul • Mengenal sudut sebagai jarak putar • Membuat sudut satu, setengah, dan seperempat putaran
|
|
| 3. Menentukan keliling dan luas bangun datar
| • Menghitung keliling bangun datar: segitiga dan persegi panjang (dengan melibatkan satuan baku) • Menggambar dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu • Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar (baik yang teratur maupun yang tidak teratur) • Membandingkan dan mengurutkan luas berbagai bangun datar • Menaksir luas daerah beberapa bangun datar lainnya dengan menghitung petak satuan • Menemukan cara menghitung keliling dan luas persegi panjang, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah *)
|
|
KELAS: IV
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran untuk kelas IV
adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menggunakan notasi atau simbol, serta menjelaskan gagasan atau pernyataan matematika (termasuk peran definisi)
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis dan simbol, dan diagram • Menjelaskan langkah atau memberi alasan hasil penyelesaian soal • Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola, atau pola dari operasi hitung lainnya • Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan
|
Memahami, memilih strategi untuk membentuk model matematika, menyelesaikan model matematika, dari soal cerita
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menerjemahkan ke dalam model atau diagram • Memilih konsep yang relevan dari soal untuk membentuk model matematika • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; operasi dan model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh solusi dari soal • Menyelidiki prosedur pemecahan masalah yang benar dan tidak benar *) • Memecahkan soal kontekstual dengan berbagai cara • Memberi alasan yang masuk akal dalam penyelesaian masalah • Menanfsirkan hasil pemecahan atau solusi dari soal cerita
|
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap
pembelajaran standar kompetensi berikut ini.
BILANGAN
Standar Kompetensi : Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor,
kelipatan bilangan bulat dan pecahan serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
| 1. Membandingkan dan mengurutkan bilangan
| • Mengurutkan dan menyusun bilangan dari terkecil atau terbesar • Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratus ribuan • Membandingkan dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai tempat
| Operasi hitung bilangan
|
| 2. Melakukan operasi perkalian dan pembagian
| • Menghafal perkalian dan pembagian sampai 100 • Melakukan perkalian dengan cara susun • Melakukan pembagian tanpa sisa dengan cara susun • Menentukan hasil bagi dan sisa suatu pembagian
|
|
| 3. Melakukan operasi hitung campuran
| • Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian (termasuk yang bersisa) • Menggunakan sifatsifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan (mental) secara efisien • Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam pemecahan soal.
|
|
| 4. Melakukan penaksiran dan pembulatan
| • Menaksir hasil operasi hitung • Membulatkan hasil operasi hitung dalam satuan, puluhan, atau ratusan terdekat
|
|
| 5. Memecahkan masalah yang melibatkan uang
| • Menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang biasa atau dijual sehari-hari • Menuliskan cara penulisan nilai uang rupiah
|
|
Menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
| 1. Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
| • Menentukan kelipatan suatu bilangan • Menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan • Menentukan faktor suatu bilangan • Menentukan faktor persekutuan dua bilangan • Mengenal bilangan prima menurut sifatnya • Memberi contoh bilangan prima dan bukan bilangan prima
| Kelipatan dan faktor
|
| 2. Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
| • Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan • Menggunakan FPB atau KPK dalam perhitungan pecahan • Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
|
|
Mengenal bilangan bulat dan Romawi serta menggunakannya dalam pemecahan masalah seharihari
| 1. Mengenal lambang bilangan Romawi dari bilangan asli
| • Menentukan cara menuliskan bilangan asli ke dalam angka romawi • Menggunakan pemakaian bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
| Bilangan bulat dan Romawi
|
| 2. Mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat
| • Menunjukkan penerapan bilangan negatif dalam masalah sehari-hari (misal temperatur, ketinggian, dan sebagainya) • Membilang dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka • Memberi contoh bilangan bulat negatif dan positif • Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan bulat • Membandingkan dua bilangan bulat • Menentukan lawan suatu bilangan
|
|
| 3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
| • Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan • Menuliskan kalimat atau pernyataan pengurangan ke bentuk penjumlahan, dan sebaliknya • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perhitungan bilangan bulat.
| Operasi hitung bilangan bulat
|
Mengenal dan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
| 1. Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
| • Menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan ke bentuk pecahan • Menyajikan nilai pecahan melalui gambar • Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan • Membandingkan pecahan berpenyebut sama • Mengurutkan pecahan berpenyebut sama
| Pecahan dan operasinya
|
| 2. Menyederhanakan dan mengenal berbagaibentuk pecahan
| • Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan • Menyederhanakan pecahan • Menyatakan pecahan sebagai pembagian • Menentukan nilai tempat pada pecahan desimal • Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal
|
|
| 3. Menjumlah dan mengurang pecahan
| • Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan hasil positif dan nilainya paling besar 1 • Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dengan hasil positif dan nilainya paling besar 1 • Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat dan sampai 1 tempat desimal • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan
unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian
bangun datar serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Mengenal dan menentukan besar sudut
| • Membandingkan besar dua sudut • Mengukur besar sudut dengan satuan tak baku dan satuan derajat • Mengidentifikasi sudut siku-siku dari bangun datar dan benda-benda di sekitar • Mengenal sudut sikusiku dengan menggunakan 4 arah mata angin • Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran, dan seperempat putaran dalam satuan derajat
| Pengukuran (lanjutan)
|
| 2. Menentukan kesetaraan antar satuan
| • Menentukan kesetaraan antar satuan: - Panjang: km, hm, dam, m, dm, cm, mm - Berat: ton, kw, kg, hag, dag, gr - Waktu: abad, windu, tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, detik - Kuantitas: lusin, kodi, gros, dan rim • Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal
|
|
| 3. Menggunakan konsep keliling dan luas
| • Mengenal dan menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang • Menemukan rumus dan menghitung keliling dan luas segitiga. • Memecahkan soal tentang keliling dan luas persegi panjang dan segitiga.
|
|
Menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan soal
| 1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sederhana
| • Menyebutkan sifatsifat bangun ruang: balok dan kubus • Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan • Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus dan balok
| Sifat dan unsur bangun ruang dan simetri
|
| 2. Menunjukkan benda-benda dan bangun datar yang simetris
| • Mengelompokkan dan memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris • Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris • Membuat bangunbangun datar yang simetris • Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri • Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana • Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris • Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar • Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana
|
|
KELAS: V
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator kemahiran untuk kelas V
adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menjelaskan gagasan atau pernyataan matematika (termasuk peran definisi)
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram • Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola • Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan • Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki
|
Memecahkan dan menafsirkan masalah soal cerita
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menerjemahkan ke dalam model atau diagram • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; pengetahuan atau model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Mengenal dan memberi alasan pada tiap prosedur pemecahan masalah • Memecahkan soal cerita dengan berbagai cara • Menafsirkan hasil dari pemecahan soal cerita
|
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
Kemahiran matematika tersebut diuraikan lebih lanjut pada setiap
pembelajaran standar kompetensi berikut ini.
BILANGAN
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
Bilangan bulat
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Melakukan dan menggunakan operasi hitung bilangan caca
| • Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributif (penyebaran) untuk melakukan perhitungan secara efisien • Membulatkan bilangan bilangan dalam, puluhan, dan ratusan terdekat • Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan • Menggunakan faktor prima dan faktorisasi untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
| Operasi hitung dengan bilangan bulat
|
| 2. Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
| • Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka • Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat • Melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif • Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
|
|
| 3. Menghitung perpangkatan dan akar
| • Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang • Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua • Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat • Membandingkan akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan lain *) • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua
|
|
Pecahan
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Menggunakan konsep pecahan dalam pemecahan masalah
| 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan
| • Menentukan persentase sederhana dari kuantitas atau banyak benda tertentu • Menyatakan pecahan dalam persen • Membandingkan dua pecahan (termasuk yang tak sejenis) serta letaknya pada garis bilangan • Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
| Operasi hitung pecahan
|
| 2. Melakukan perkalian dan pembagian pecahan
| • Mengenal arti perkalian pecahan • Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan • Mengenal arti pembagian pecahan • Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan
|
|
| 3. Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
| • Menjelaskan arti perbandingan • Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan dan skala
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran, menentukan unsur dan
sifat bangun ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Menuliskan tanda waktu
| • Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam (melibatkan keterangan pagi, sore, atau malam) • Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam • Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
| Pengukuran (waktu, sudut, luas, volume dan satuannya)
|
| 2. Melakukan pengukuran sudut
| • Menentukan dan menaksir besar suatu sudut • Menggambar dan mengukur besar sudut dengan alat (misalnya busur derajat)
|
|
| 3. Memahami satuan dengan dimensi lebih dari satu
| • Menjelaskan arti satuan luas, volume, kecepatan, dan debit (kecepatan jumlah aliran cairan) • Menentukan dan menggunakan hubungan antar satuan luas, volume, kecepatan, dan debit, dalam perhitungan atau pemecahan masalah
|
|
| 4. Menyelidiki dan menentukan volume bangun ruang sederhana
| • Membandingkan dan mengurutkan bangun ruang menurut volumenya • Menentukan volume kubus dan balok dengan menggunakan kubus satuan
|
|
| 5. Menurunkan dan menentukan luas bangun datar dan volume bangun ruang sederhana
| • Menemukan rumus luas bangun datar: trapesium, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang • Menentukan luas bangun datar dengan memanfaatkan rumus luas segitiga • Menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran • Menemukan dan menggunakan rumus keliling lingkaran dalam perhitungan • Menemukan secara praktis rumus luas lingkaran • Menemukan rumus volume tabung dan prisma tegak • Mengenal dan menggunakan volume limas dan kerucut *)
|
|
Menentukan sifat-sifat bangun, dan hubungan antar bangun
| 1. Menyelidiki dan menentukan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang
| • Menyebutkan sifatsifat bangun datar: segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajar genjang, lingkaran, belah ketupat, layanglayang • Menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar yang diberikan • Menyebutkan sifatsifat bangun ruang: tabung, prisma tegak, limas, kerucut • Menggambar bangun ruang dari sifat-sifat bangun ruang yang diberikan • Menggambar berbagai bentuk jaring-jaring kubus dan balok
| Sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
| 2. Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
| • Menunjukkan kesebangunan antar bangun-bangun datar • Menentukan simetri lipat dan simetri putar suatu bangun
|
|
KELAS: VI
KEMAHIRAN MATEMATIKA
Kemahiran matematika mencakup kemampuan penalaran, komunikasi,
pemecahan masalah, keterkaitan pengetahuan dan memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika. Indikator dari kemahiran tersebut untuk
kelas VI adalah sebagai berikut:
Kemahiran Matematika
| Indikator
|
Menjelaskan gagasan atau pernyataan matematika (termasuk peran definisi)
| • Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram • Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola • Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan • Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki • Mengidentifikasi sifat-sifat yang dimiliki konsep
|
Memecahkan dan menafsirkan masalah soal cerita
| • Menyatakan soal cerita dengan bahasa sendiri atau menerjemahkan ke dalam model atau diagram • Mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan soal cerita (apa yang diketahui; apa yang dicari; pengetahuan atau model matematika yang diperlukan untuk memecahkan soal) • Mengenal dan memberi alasan pada setiap langkah pemecahan masalah • Memecahkan soal cerita dengan berbagai cara • Menafsirkan hasil dari pemecahan soal cerita |
Menghargai matematika sebagai suatu yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupan
| • Menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu (antusias) atau minat pada pelajaran matematika • Menunjukkan sikap gigih dan percaya diri dalam menyelesaikan masalah
|
BILANGAN
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
| 1. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung faktor kelipatan
| • Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat • Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dan KPK beberapa bilangan sampai 3 bilangan
| Operasi hitung bilangan bulat
|
| 2. Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
| • Menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik • Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
|
|
Melakukan operasi hitung bilangan yang melibatkan pecahan dalam pemecahan soal
| 1. Melakukan operasi hitung yang melibatkan pecahan dalam pemecahan masalah
| • Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai • Menyederhanakan pecahan • Mengurutkan pecahan • Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu (misal: berapakah 3/5 dari 10?)
| Operasi hitung pecahan
|
| 2. Melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan pecahan
| • Menentukan hasil dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian berbagai bentuk pecahan • Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan
|
|
| 3. Memecahkan masalah perbandingan dan skala
| • Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan • Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala
|
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : Melakukan pengukuran untuk pemecahan masalah
Mengenal sistem koordinat pada bidang datar
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Melakukan pengukuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
| 1. Menggunakan operasi hitung melibatkan satuan dalam pemecahan masalah
| • Menentukan hubungan antar satuan: panjang, waktu, berat, luas, volume, kecepatan, debit • Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan pengukuran
| Pengukuran
|
| 2. Menghitung keliling, luas, dan volume suatu bangun
| • Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang • Menurunkan rumus volume berbagai bangun ruang dari volume balok • Menerapkan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah
|
|
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan soal
| 1. Membuat denah letak benda
| • Menggambar letak benda (atau rumah di sekitar) • Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta yang diberikan
| Sistem koordinat
|
| 2. Mengenal koordinat letak (posisi) sebuah benda
| • Menentukan letak titik, pada sistem koordinat • Menggambar bangun datar pada bidang koordinat |
|
PENGELOLAAN DATA
Standar Kompetensi : Mengumpulkan, menyajikan, dan menafsirkan data.
Kompetensi Dasar
| Hasil Belajar
| Indikator
| Materi Pokok
|
Membaca mengumpulkan, dan menyajikan data
| 1. Mengumpulkan dan menyajikan data
| • Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data terbesar, dan terkecil • Mengumpulkan data dengan pencatatan langsung dan dengan lembar isian
| Penyajian data
|
| 2. Mengolah data
| • Mengurutkan data • Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran • Menentukan rata-rata hitung dan modus dari suatu data
|
|
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com
BalasHapusKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com