Selamat Datang ^^





Mari Berkarya dan Menebarkan Api Pengetahuan.


Jumat, 08 April 2011

Pengertian Berbagai Metode Belajar

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berbicara mengenai pendidikan dinegeri ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Kondisi pendidikan saat ini begitu menyedihkan, ada banyak hal yang harus dibenahi dalam pendidikan ini, mengingat pendidikan adalah investasi masa depan bangsa dan pengaruh dinamis terhadap perkembangan jasmani dan rohani atau kejiwaan anak bangsa, dimana mereka dididik agar bisa meneruskan gerak langkah kehidupan bangsa ini agar menjadi bangsa yang maju, berpendidikan dan bermoral. Ini tentunya akan menjadi tugas dan tanggung jawab banyak pihak , terutama bagi para pendidik (sekolah).
Sebagai tenaga pendidik seorang guru diupayakan agar mampu membina anak didik menjadi anak yang sukses dikemudian hari. Oleh sebab itu tidak urung bahwa penerapan berbagai metode dalam pembelajaran itu sangatlah diperlukan. Perlu diketahui bahwa tidak ada satu metode pun yang dianggap paling baik diantara metode-metode yang lain. Tiap metode mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing masing.
Berdasarkan paparan diatas maka pada makalah ini akan dibahas mengenai pengertian masing-masing metode dalam pengajaran serta kelebihan serta kelemahannya, sehingga para calon guru maupun para guru dapat lebih memahami penggunaan metode pengajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah pengertian masing-masing metode pembelajaran?
2. Bagaimanaka cara pengimplementasian masing-masing metode pembelajaran?
3. Apasajakah kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode pengajaran?

C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian masing-masing metode pembelajaran.
2. Untuk mengetahui cara pengimplementasian masing-masing metode pembelajaran.
3. Untuk mengetahui pengertian kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode pengajaran.
D. Manfaat Penulisan
1. Bagi Penulis
Penulis dapat memahami perbedaan dari masing-masing metode yang sering diterapkan dalam pembelajaran, sehingga kelak dapat mengimlementasikan metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dilapangan.
2. Bagi Pembaca
Sebagai bahan referensi dalam melakukan pemilihan metode dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan kelemahan serta kelebihan dari masing-masing metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar



BAB II
PEMBAHASAN

A. Metode Ceramah
1. Pengertian Metode Ceramah
Ceramah adalah penuturan atau penerangan secara lisan oleh guru terhadap kelas. Dalam lingkungan pendidikan modern, ceramah sebagai metode mengajar telah menjadi salah satu persoalan yang cukup sering diperdebatkan. Kalau teliti lebih lanjut, sebenarnya bahwa dalam situasi-situasi tertentu, metode ceramah merupakan metode yang paling baik, tetapi dalam situasi lain mungkin sangat tidak efisien. Oleh sebab itu kepiawaian seorang guru dalam menguasai bahan, pendengar/siswa, keterampilan bahasa dan intonasinya sangatlah menentukan keberhasilan dari metode ini.

2. Implementasi Metode Ceramah
Dalam melaksanakan metode ceramah, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:
a) Tujuan pembicaraan (ceramah) harus dirumuskan dengan jelas.
b) Bahan ceramah dapat dimengerti dengan jelas, maksudnya setiap pengertian dapat menghubungkan pembicaraan dengan pendengar dengan tepat.
c) Menanamkan pengertian yang jelas. Misalnya guru terlebih dahulu mengemukakan suatu cerita singkat bersifat ilustratif, sehingga dapat menggambarkan dengan jelas apa yang dimaksud.
d) Menangkap perhatian siswa dengan menunjukkan penggunaannya. Siswa akan tertarik bila mereka melihat bahwa apa yang di pelajari berguna bagi kehidupan.
Selain itu dalam menerapkan metode ceramah juga harus memperhatikan situasi yang sesuai untuk menerapkan metode ceramah, yaitu:
a) Menyampaikan fakta atau pendapat dimana tidak terdapat bahan bacaan yang merangkum fakta yang dimaksud.
b) Menyampaikan pengajaran kepada sejumlah siswa yang besar (misalnya 75 orang atau lebih), maka metode ceramah lebih efisien dari pada metode lain seperti diskusi, demonstrasi atau eksperimen.
c) Kalau guru adalah pembicara yang bersemangat sehingga dapat memberi motivasi kepada siswa untuk mengerjakan suatu pekerjaan.
d) Jika guru akan menyimpulkan pokok-pokok penting yang telah diajarkan, sehingga memungkinkan siswa untuk melihat lebih jelas hubungan antara pokok yang satu dengan lainnya.
e) Kalau guru akan memperkenalkan pokok bahasan baru.



3. Kelebihan dan Kelemahan Metode Ceramah
a. Kelebihan
1) Guru menguasai arah pembicaraan seluruh kelas karena pada metode ceramah hanya guru yang berbicara, maka ia dapat menentukan sendiri arah pembicaraan dan akan berbeda halnya jika pada metode diskusi.
2) Organisasi kelas sederhana terutama bagi guru karena hanya menyiapkan catatannya dan tidak memerlukan berbagai media.
3) Meningkatkan daya dengar peserta didik.
4) Ceramah memberikan wawasan yang luas daripada sumber lain karena guru dapat menjelaskan topik dengan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
5) Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
b. Kelemahan
1) Guru tak dapat mengetahui sampai dimana siswa telah mengerti pembicaraannya.
2) Kata-kata yang diucapkan guru, ditafsirkan lain oleh siswa.
3) Membosankan/menjenuhkan bila guru kurang dapat mengorganisasikannya.
4) Materi ceramah terbatas pada apa yang diingat guru.
5) Merugikan peserta didik yang lemah dalam keterampilan mendengarkan.
6) Membuat peserta didik cendrung pasif.
7) Terjadi proses satu arah yaitu dari guru kepada siswa.
B. Metode Tanya Jawab
1. Pengertian Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru (Syaiful Bahri Djamarah 2000: 107). Metode ini dipandang lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah. Alasannya karena metode ini dapat merangsang siswa untuk berfikir dan berkreativitas dalam proses pembelajaran. Metode Tanya jawab juga dapat digunakan untuk mengukur atau mengetahui seberapa jauh materi atau bahan pengajaran yang telah dikuasai oleh siswa.

2. Implementasi Metode Tanya Jawab
Dalam pengimplementasiannya, metode tanya jawab dilaksanakan dengan beberapa tujuan, yaitu:
a) Melanjutkan (meninjau) pelajaran yang lalu
b) Menyelingi pembicaraan untuk mendapatkan kerjasama siswa
c) Memimpin pengamatan dan pemikiran siswa.
d) Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
e) Melatih peserta didik berpikir dan berbicara sistematis.
Dan juga terdapat beberapa alasan menggunakan metode tanya jawab ini yaitu:
a) Dapat merangsang ingin tau peserta didik terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan.
b) Menimbulkan berpikir reflektif, sistematis dan kreatif siswa.
c) Mewujudkan cara belajar aktif.
Singkatnya, dalam praktek metode tanya jawab, guru memberikan pertanyaan kepada siswa setelah selesai menyampaikan pelajaran dan siswa juga dapat mengajukan pertanyaan kepada guru mengenai materi yang disampaikan sehingga terjadi interaksi dua arah.

3. Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab
a. Kelebihan
1) Kelas lebih aktif karena siswa tidak sekedar mendengarkan saja.
2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh para siswa.
3) Guru dapat mengetahui sampai di mana penangkapan siswa terhadap segala sesuatu yang diterangkan.
4) Menumbuhkan keberanian dalam mengemukakan jawaban.
b. Kelemahan
1) Dengan tanya jawab kadang-kadang pernbicaraan menyimpang dari pokok persoalan dan malah menimbulkan persoalan baru.
2) Mernbutuhkan waktu lebih banyak.
3) Dapat menimbulkan kegugupan bagi peserta didik yang tidak memiliki kebranian dalam bertanya maupun menjawab.
4) Pada kelas-kelas besar pertanyaan tidak dapat disebarkan kepada seluruh peserta didik.
5) Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa.

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Entri Populer

Selamat Datang

^^ Ayo berkunjung