Selamat Datang ^^





Mari Berkarya dan Menebarkan Api Pengetahuan.


Kamis, 07 April 2011

RPP MAtematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Tingkat Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/MI
Kelas / Semester : II / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari / Tanggal : Jumat, 5 Maret 2010

A. Standar Kompetensi
Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana.

B. Kompetensi Dasar
Mengelompokan bangun datar.

C. Indikator
Siswa memahami yang dimaksud dengan titik, garis dan bidang.

D. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu memahami yang dimaksud dengan titik, garis dan bidang.

E. Materi Pokok
Bangun datar.

F. Metode
Ceramah
Pemodelan
Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan

G. Langkah-langkah
1. Kegiatan Awal (± 10 menit)
a. Guru mengucapkan salam, mengkondisikan kelas dan mengecek kesiapan belajar siswa.
b. Guru mengabsen siswa dan menyiapkan alat peraga.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
d. Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan kepada siswa tentang bangun datar, yaitu :
“Anak-anak, kalian masih ingat tidak dengan bidang datar, apa saja yang kalian ingat sewaktu diajarkan bidang datar di kelas 1 ?”.

2. Kegiatan Inti (± 45 menit)
a. Dari apersepsi tadi, guru kemudian mebawanya menuju ke materi, dengan menjelaskan “bidang datar adalah sekumpulan titik-titik yang membentuk daerah”.
Untuk memperjelas penjelasan guru, guru menunjukan gambar titik-titik yang yang menunjukan bahwa titik sebagai tempat pada bidang datar :




b. Setelah siswa mengerti bahwa titik sebagai tempat bidang datar, lalu guru menjelaskan bahwa titik adalah obyek tanpa demensi.
c. Guru kemudian menjelaskan kepada siswa, bahwa sebelum mempelajari bidang datar, terlebih dahulu harus mempelajari titik, garis, setelah itu baru bidang.
d. Tadi sudah dijelaskan tentang garis, guru kemudian menjelaskan tentang garis, tetapi agar lebih kongkrit, guru menggunakan media tali, guru meminta dua orang siswa untuk maju, lalu menyuruh siswa untuk membentangkan tali.
e. Guru menyuruh agar siswa memegang tali dan menjaganya tetap tegang. Guru kemudian mengatakan bahwasanya tali tersebut merupakan bagian dari garis yang teris memanjang terus menerus, bahkan sampai tali itu habis.
f. Setiap anak yang memegang tali, disitulah dinamakan sebuah titik pada garis.
g. Guru kemudian menuliskan segmen garis/ruas garis sebagai berikut:

A B
Guru menjelaskan pada dua titik A dan B dibuat suatu segmen garis/ruas garis seperti ilustrasi pada gambar. Titik A dan B masing masing disebut titik ujung segmen garis AB. Ruas garis AB dinotasikan AB.
h. Guru menjelaskan jika ruas garis AB diperpanjang tak hingga di dua arah, maka akan disebut garis. dapat digambarkan sebagai berikut:

A B
Garis AB dapat dinotasikan AB, maka guru menjelaskan garis berbentuk lurus dan memanjang tak hingga kedua arah.
i. Jika pada satu garis yang sama terdapat titik-titik disebut titik-titi segaris (kolinear). Sebagai contoh titik-titik C,D, dan E disebut kolinear.
C E D

j. Guru menjelaskan jika ada dua garis yang sebidang, maka hubungan antara kedua garis tersebut :
 berpotongan, dua garis disebut berpotongan jika keduanya mempunyai satu titik persekutuan, gambarnya sebagai berikut :


F

 sejajar, disebut sejajar jika keduanya tidak mempunyai titik persekutuan/ jika keduanya tidak saling berpotongan. gambarnya sebagai berikut :

h
g

k. Guru kemudian menanyakan apakah sudah mengerti dengan penjelasan guru tadi tentang garis. Jika suda, guru akan melanjutkanya dengan membedakan bidang datar dengan bangun datar.
l. Guru kemudian memperlihatkan dua buah gambar kepada siswa :



a. b.
Guru kemudian menjelaskan :
 Gambar (a.) adalah disebut bagun datar, karena merupakan kumpulan ruas garis yang membentuk daerah segi empat.
 Gambar (b.) adalah bidang datar karena merupakan sekumpulan titik-titik yang membentuk daerah segi empat.
m. Guru kemudian menanykan kepada siswa apaka sudah bisa membedakan antara bidang datar dengan bangun datar.
n. Guru kemudian memberikan LKS kepada seluruh siswa untuk dikerjakan.
3. Kegiatan Akhir (± 45 menit)
a. Guru bersama-sama seluruh siswa menyimpulkan apa yang telah dibahas pada hari ini.
b. Guru mereview seluruh materi dan merefleksi Kegiatan Belajar Mengajar yang berlangsung agar kedepannya menjadi lebih baik.
c. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR kepada siswa.
d. Guru menutup Proses Belajar Mengajar (PBM) pada hari ini dengan mengucapkan terima kasih

H. Media dan Sumber Belajar
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas II, Penerbit Erlangga
Tali
Gambar bidang datar dan bangun datar

I. Penilaian
Kognitif : Kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan secara lisan atau tertulis (tes).
Afektif : Kejujuran, keaktifan, dan kemampuan mengungkapkan gagasan (terlampir) melalui observasi
Psikomotor : Kemampuan/ketrampilan siswa dalam mempraktekan intruksi guru


















LAMPIRAN (LKS)




















1. Dari gambar diatas, berapakah jumlah bidang datar yang berbentuk segi empat ?
2. Dari gambar diatas berapakah jumlah bidang yang datar berbentuk segi tiga ?
3. Buatlah ruas garis yang dinotasikan sebagai berikut :
a. CD
b. FG
4. Buatlah garis yang berpotongan pada titik B !
5. Buatlah garis yang dinotasikan ED !

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Entri Populer

Selamat Datang

^^ Ayo berkunjung